Rapat Koordinasi Magang Semester Gasal 2017/2018

October 18, 2017, oleh: superadmin


Rapat koordinasi magang diselenggarakan pada tanggal 30 September dan 7 Oktober 2017 di Gedung E6 KH Ibrahim. Dalam rapat yang dilaksanakan tiap awal semester ini, para guru guru sekolah mitra untuk SD, SMP dan SMA di daerah Yogyakarta hadir untuk memberikan saran untuk program magang PBI serta berkoordinasi untuk pelaksanaan magang di semester ini. Program magang merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiswa PBI, di mana mereka akan dibekali dengan pengalaman mengobservasi lingkungan sekolah, mengembangkan silabus dan bahan ajar dengan dipandu guru sekolah mitra, serta menyampaikan materi di kelas. Rapat ini dihadiri oleh kurang lebih 90 undangan, yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum serta guru pamong.

Semester gasal 2017/2018 ini, sekitar 250 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris mengikuti program School Observation dan Coaching. Para mahasiswa semester 3 akan mengikuti program School Observation yang dilaksanakan di SD mitra, sedangkan para mahasiswa semester lima mengikuti program Coaching SMA mitra. Mahasiswa peserta School Observation hanya dibatasi memantau dan mengajar selama 25 jam saja di SD mitra dengan bimbingan guru pamong dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Tak jauh berbeda, mahasiswa semester lima peserta Coaching akan mengembangkan rencana pembelajaran, bahan ajar, serta mempelajari budaya sekolah di SMA mitra.
Kedepannya, Ika Wahyuni Lestari, M.Hum selaku Korlab FPB dan koordinator program magang PBI mengungkapkan, “Program magang ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga, yang akan menjadi bekal mahasiswa untuk menjadi guru profesional di masa depan”.
(rezka/puput)