Reading date adalah inovasi pengajaran yang diusulkan oleh Evi Puspitasari, S.Pd., M.Hum. sebagai dosen mata kuliah Basic Reading and Writing untuk angkatan 2017. Pada dasarnya Reading date adalah wadah tempat berkumpulnya orang-orang yang gemar membaca. Seluruh rangkaian kegiatan pada program ini memerlukan waktu 10 pekan.

Telah dilaksanakan 3 kali pertemuan besar sebagai rangkaian program Reading Date ini. Pertemuan pertama sebagai sosialisasi program Reading Date diselenggarakan pada bulan September 2017 di ruang Dekanat Fakultas Pendidikan Bahasa. Pertemuan ini diikuti sebanyak 120 mahasiswa PBI angkatan 2017. Peserta diminta menentukan reading buddies yang jumlahnya 3-5 orang. Selanjutnya para mahasiswa mengisi formulir tentang buku apa yang akan mereka baca selama 10 pekan kedepan.

Pertemuan kedua diselenggarakan pada Oktober 2017 bertempat di Amphiteater gedung E.7 KH. Ibrahim, dan dihadiri oleh 70 peserta. Pertemuan ini bertujuan untuk memonitor sejauh mana mahasiswa membaca buku pilihannya. Mahasiswa juga diminta untuk berbagi apa saja yang mereka dapatkan dari buku yang telah dibaca.

Rangkaian program Reading Date diakhiri dengan pertemuan ketiga dengan tajuk Reading Date Closing tepat setelah program ini berlangsung selama 10 pekan.  Pertemuan ini dilangsungkan di Amphitheater E.7 Gedung KH. Ibrahim, dan diikuti oleh mahasiswa peserta Reading Date yang masih bertahan. Diujung acara dimeriahkan dengan “open mic,” dimana para mahasiswa berbagi tentang apa saja yang telah dibacanya.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Ahmad Ali Adhim, seorang penulis puisi yang karyanya sudah diterbitkan di beberapa media di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, beliau berbagi tentang perjalanan menulis beliau. Yang ingin beliau garisbawahi adalah bahwa beliau bisa berkarya karena membaca.

Evi Puspitasari, S.Pd., M.Hum. selaku pelaksana menerangkan tujuan diselengarakannya program Reading Date ini yaitu untuk mengenalkan literacy kepada mahasiswa semester awal. Selain itu juga untuk menumbuhkan minat baca bagi mahasiswa (Syabel/Mariska).