Deprecated: Function create_function() is deprecated in /home/adminweb/pbi/wp-content/plugins/wp-all-export/classes/config.php on line 44
Proses Pembelajaran | Pendidikan Bahasa Inggris

Proses Pembelajaran

A. Proses Pembelajaran di Kelas

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan visi, misi, dan tujuan program perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar, dan hierarkinya. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, bereksplorasi, berkreasi, dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber. Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

Perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ditetapkan menggunakan pendekatan kognitivisme dimana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris meyakini bahwa para mahasiswa dikaruniai kelebihan oleh Tuhan berupa otak yang memungkinkan manusia memiliki kemampuan cipta, rasa dan karsa. Pemahaman ini membuat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yakin bahwa mahasiswa dapat mengoptimalkan dirinya dalam belajar dan oleh karena itu mahasiswa harus menjadi subjek belajar. Merekalah yang harus mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta berdasar apa yang mereka pelajari. Autonomous Learning atau Self Directed Learning (SCL) harus menjadi cara utama dalam pengembangan kompetensi mahasiswa. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengembangkan sistem pembelajaran contextual learning dengan sistem inquiry, questioning, dan berbagai macam pendekatan pembelajaran SCL guna menciptakan mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa autonomous learning. Dosen berfungsi sebagai fasilitator di dalam kelas selama mahasiswa mengeksplorasi ilmu melalui diskusi, berkreasi dan bereksperimen dalam mengembangkan ketrampilan dan sikap yang sesuai dengan kebutuhan mata kuliah dan kompetensi lulusan.

Pelaksanaan proses pembelajaran diawali dengan perencanaan yang tertuang dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Sedangkan RPS disusun oleh tim pengampu mata kuliah. Dalam pelaksanaannya, pertemuan pertama di setiap semester diawali dengan diskusi silabus dan perjanjian kontrak belajar, salah satunya adalah minimal kehadiran mahasiswa harus memenuhi 75% dari total pertemuan. Selain itu, tata tertib dan sanksi selama proses perkuliahan berlangsung disepakati bersama pengampu dan mahasiswa. Ujian kompetensi dilakukan setelah selesainya pembahasan masing-masing kompetensi. Sistem penilaian berdasarkan pada rubrik yang telah dirancang sesuai kompetensi yang diharapkan. Adapun monitoring perkuliahan dilakukan dengan beberapa cara diantaranya melalui: presensi kehadiran dosen, evaluasi kinerja dosen dan KBM, dan evaluasi mengajar dosen di akhir semester.

 

B. Praktikum

Selain perkuliahan di kelas, Prodi PBI UMY juga memberikan bekal kepada mahasiswanya untuk belajar tentang serba-serbi sekolah sehingga ketika mereka menjadi guru nantinya mereka sudah mempunyai bekal pengalaman yang cukup. Mata kuliah praktikum ini ada 6 yaitu:

a. Internship 1 (Learning Style)
Praktikum ini bertujuan untuk mengobservasi dan mengenal gaya belajar peserta didik di tingkat SD. Praktikum ini dilakukan selama 16 kali pertemuan dengan waktu tatap muka selama 1 jam per pertemuan. Praktikum 1 ini berbentuk pelatihan (coaching) dengan mengundang guru bahasa Inggris sekolah mitra sebagai pemateri. Coaching ini dilakukan di semester 1, dan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY.

b. Internship 2 (Classroom Management)
Praktikum ini bertujuan agar siswa belajar mengamati bagaimana guru pamong mengorganisir atau mengatur kelas selama proses pembelajaran. Praktikum 2 ditujukan bagi mahasiswa semester 2. Para mahasiswa dibagi dalam kelompok dan diterjunkan ke sekolah-sekolah dasar (SD Muhammadiyah/Negeri) mitra Praktikum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY.

c. Internship 3 (Lesson Plan)
Praktikum 3 bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam merancang rencana pembelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat SMP. Siswa dibekali pengetahuan dan praktek membuat bahan ajar oleh guru pamong sekolah mitra praktikum sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah tersebut. Luaran dari Praktikum 3 ini adalah siswa menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk 3 kali pertemuan dengan topik bahasan yang berbeda.

d. Internship 4 (Material Development)
Dalam Praktikum 4, mahasiswa dibekali bagaimana mengembangkan materi dan bahan ajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP. Sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat di semester 3, mahasiswa mengembangkan bahan ajar yang sesuai. Luaran yang dihasilkan adalah materi atau bahan ajar yang sesuai dengan RPP.

e. Internship 5 (Teaching Style)
Praktikum 5 dilaksanakan di semester 5 dengan tujuan untuk membekali mahasiswa dengan variasi teknik, strategi dan metode pembelajaran di tingkat SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengundang guru pamong untuk menjadi pengampu untuk matakuliah Praktikum 5.

f. Internship 6 (Teaching Practice)
Dalam Praktikum 6 ini, mahasiswa diwajibkan untuk mengajar di tingkat SMA. Mahasiswa mengajar berkelompok dan terbimbing oleh guru pamong atau guru kelas. Masing-masing mahasiswa mengajar sebanyak 4 kali pertemuan.

 

C. E-Learning

Untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam belajar, dosen PBI UMY juga mengimplementasikan blended learning dimana pembelajaran tidak hanya terjadi di kelas tetapi juga di luar kelas melalui aplikasi pembelajaran daring. Beberapa dosen menggunakan aplikasi daring seperti Edmodo, Schoology, dan juga melalui sistem pembelajaran daring universitas yang berbasis Moodle. Berikut ini adalah link ke daring PBI UMY: PBI Online Learning.