Pada 3 – 4 Mei 2016 lalu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkesempatan menjadi tuan rumah pertemuan nasional APSPBI (Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pertemuan nasional asosiasi yang baru menginjak tahun kedua ini, adalah pertemuan yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di UNY, pada Desember 2015.

 

Saat ini APSPBI diketuai oleh Paulus Kuswandono Ph.D. (Universitas Sanata Dharma), dibantu oleh Raden Muhammad Ali, M.Pd. (Universitas Ahmad Dahlan) sebagai wakil ketua, Ella Wulandari, M.A. (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Vernonika Triprihatmini, M.A. (Universitas Sanata Dharma) sebagai bendahara. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa, Gendroyono, M.Hum. menyatakan bahwa APSPBI mampu mengakomodasi potensi kolaborasi dan kerjasama antara berbagai prodi PBI se-Indonesia.

 

Workshop Language Classroom Assessment oleh Dr. Nathan Carr dari RELO

Peserta Pertemuan APSPBI

Pertemuan dua hari yang bertempat di Ruang Aphiteather G7 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Keperawatan pada hari pertama dan Ruang Sidang Utama Lantai 5 Gedung AR Fachruddin A  ini dihadiri oleh 105 perwakilan dan pejabat prodi dari 53 institusi. Acara yang berlangusng dari jam 08.00 sampai jam 16.00 ini berlangsung akrab dan lancar. Pada hari pertama, bekerja sama dengan Regional English Language Office (RELO), para peserta mengikuti workshop mengenai Language Classroom Assessment. Materi workshop disampaikan oleh Dr. Nathan Carr dari RELO yang telah memiliki pengalaman yang ekstensif mengenai penilaian dalam kelas bahasa. Hari kedua diisi dengan orasi ilmiah dengan tema Meningkatkan Budaya Akademik dan Publikasi Ilmiah oleh Prof. Endang Fauziati dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan kemudian dilanjutkan dengan rapat kerja.  Tujuan dari rapat kerja kali ini adalah membentuk susunan organisasi yang lebih akomodatif dan lengkap.

 

Rapat kerja memutuskan bahwa ada empat divisi yang terbentuk yaitu Divisi Humas yang diketuai oleh Sri Sudarsi, M.InT. (UMY), Divisi Jurnal yang diketuai oleh Sri Rejeki Murtiningsih, Ph.D. (UMY), Divisi Kebijakan Pendidikan yang diketuai oleh Dr. A. B. Prabowo, M.Hum. (Universitas PGRI Semarang), dan Divisi Pengembangan Organisasi yang diketuai oleh Dr. Imroatus Solikhah, M.Pd. (IAIN Surakarta).

 

Kedepannya, APSPBI berharap mampu menjadi wadah kolaborasi dan komunikasi aktif Prodi Pendidikan Bahasa Inggris se-Indonesia. (puput/06/1016)