Course Description

Language Learning and Acquisition (LLA)
Description
Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua. Pembahasan dalam mata kuliah mencakup konsep-konsep utama pemerolehan bahasa, teori-teori pemerolehan bahasa kedua, lingkungan kebahasaan, interlanguage (bahasa antara), faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa kedua, dan bagaimana implikasinya terhadap pembelajaran dan pengajaran bahasa kedua.
This course covers the principles of second language learning and acquisition. Activities in this course covers the main concepts of language acquisition, theories of second language acquisition, linguistic environments, interlanguage usage, factors that influence second language acquisition, and its implications towards the learning and teaching of a second language.
Academic Presentation (AP)
Description
Mata kuliah ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan presentasi akademik. Presentasi akademik yang dibahas adalah presentasi hasil riset secara umum dan presentasi proposal dan hasil riset mahasiswa secara khusus. Pembahasan mencakup peraturan kutipan tertulis, alat bantu visual untuk sebuah presentasi oral, analisa ulang sebuah proposal atau hasil riset, dan hal-hal yang perlu diperhatikan dan dihindari dalam sebuah presentasi oral akademik.
This course discusses the factors related to academic presentation. Academic presentations covered in this course refers to the general presentation of a research’s results, as well as distinctive proposals and students’ research results. In addition, this course also covers proper writing of citations, visual aids for an oral presentation, means to re-examine a proposal or research result, and other factors to look out for and avoid in an academic oral presentation.
Interpretive Reading and Argumentative Writing (IRAW)
Description
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang disiapkan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mahasiswa. Kemampuan membaca difokuskan pada bagaimana mahasiswa berlatih memahami dan menginterpretasikan beberapa macam bacaan. Sementara itu, kemampuan menulis difokuskan pada kemampuan membentuk pemikiran logis, argumen yang kuat dan meyakinkan, serta analisis kritis dalam bentuk beberapa macam esai ilmiah.
This course is one of the courses specifically designed to train and increase a student’s reading and writing skill. The reading skill training focuses on how a student can understand and interpret various types of text. Meanwhile, the writing skill training focuses on the ability to promote logical thinking, create a strong and convincing argument, as well as critical analysis in the for of various scientific essays.
International language Testing (ILT)
Description
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan ilmu mengenai sebuah test bahasa internasional. Pembekalan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kebahasaan mahasiswa yang dibutuhkan dalam tes tersebut, sehingga hasil test dapat mencapai standar tertentu yang diharapkan. Test bahasa internasional yang dibahas adalah paper-based Test of English as a Foeign Language (TOEFL).
This course readies the students for a certain type of International Language Test. This preparation is also intended to increase the students’ capabilities regarding the various linguistic skills needed in said test, so that the students can reach a certain standard. The test this course prepares them for is the paper-based Test of English as a Foreign Language (TOEFL).
Education and Teaching Practices
Description
Education and Teaching Practices adalah mata kuliah yang ditawarkan di semester lima dan mempunyai 4 kredit SKS. Di mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang standar pendidikan, peraturan yang mengatur kurikulum, serta guru dan dosen. Disamping itu, mahasiswa juga akan belajar mengenai pengembangan profesi guru dilihat tahapan, isu isu seputar pendidik sebagai profesi dan profesionalismenya, cara melakukan peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kemampuan pendidik. Sealain itu mahasiswa juga akan melakukan praktek mengajar yang topiknya tentang konsep dan cara melakukan pengembangan profesinalisme guru. 
Education and Teaching Practices is a 4-credit course offered in the fifth semester. In this course, the student will learn about the educational standards, as well as rules that the curriculum, teachers, and lecturers must obey. In addition, students will also learn the gradual development of the teaching profession, issues of educators as a profession, professionalism and how to increase it, as well as increasing the capabilities of an educator. Students will also perform a teaching practicum and how to develop a teacher’s professionalism.
IELTS
Description
Mata Kuliah IELTS Preparation adalah mata kuliah pilihan dengan 4 kredit SKS. Mahasiswa akan banyak belajar mengenai strategi mengerjakan IELTS Test yang terdiri dari empat bagian dalam, yaitu: Menyimak, Membaca, Menulis, dan Berbicara. Setiap bagian test membutuhkan strategi yang berbeda-beda, jadi diharapkan semua mahasiswa menguasai ketrampilan khusus yang dibutuhkan untuk setiap bagiannya. Mahasiswa juga akan belajar memperkaya kosa kata, serta tata Bahasa yang khusus dibutuhkan di test IELTS. Selama pembelajaran, mahasiswa juga diharapkan untuk memiliki kemampuan lain untuk saling menghargai, bisa bekerja sama, mandiri dan bertanggungjawab.
The IELTS Preparation course is a 4-credit selective course. In this course, students will learn strategies to the four elements of the IELTS test: Listening, reading, writing, and speaking. Each part of the test requires a different strategy, so students are expected to master specific skills needed for each part. Students will also learn to expand their vocabulary as well as the specialized language style needed in the IELTS test. During the learning period, students are expected to be able to work together, be responsible, appreciate other students, and be independent.
Teaching English to Young Learner
Description
Mata Kuliah Teaching English to young learners ditawarkan di semester 7 dengan bobot 2 SKS. Mahasiswa diharapkan menguasai konsep teoretis tentang prinsip-prinsip Pembelajaran Bahasa Inggris untuk mengajar anak-anak. Mahasiswa akan belajar mengenai bagaimana anak-anak belajar Bahasa ditinjau dari sisi kognisinya, bagaimana mengajarkan Bahasa Inggris kepada mereka, strategi pembelajaran yang sesuai, cara mengelola kelas, serta bagaimana memberikan evaluasi dan penilaian.
The Teaching English to Young Learners course is offered in the seventh semester and is worth 2 credits. Students are expected to master the theoretical concepts regarding the principles of English Education for children. Students will learn how children learn language from a cognitive point of view, how to teach them English, appropriate teaching strategies, how to manage a classroom, and how to administer evaluation and grading.
Principles of Teaching and Learning
Description
Matakuliah ini mempunyai bobot 4 SKS dan ditawarkan kepada mahasiswa PBI semester 3. Matakuliah ini membahas perkembangan manusia mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Pemahaman terhadap teori perkembangan manusia tersebut akan berguna dan membekali mahasiswa dengan prinsip-prinsip pembelajaran dan pengajaran di kelas mulai dari tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa.
This 4-credit course is offered to English Language Education Department (ELED) students in their third semester. This course explains the human development from children, to adolescence, and to adulthood. An understanding of human development will be useful to prepare students with principles of teaching and learning for various age groups.
Research Method
Description
Matakuliah ini mempunyai bobot 4 SKS dan ditawarkan kepada mahasiswa PBI semester 6. Matakuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar metode penelitian, khususnya penelitian dalam konteks pendidikan. Metode penelitian yang diajarkan pada matakuliah ini meliputi metode kuantitatif, kualitatif, dan metode campuran kuantitatif dan kualitatif.
This course is worth 4 credits and is offered to ELED students in their sixth semester. This course explains the basic principles of research methods, particularly in educational contexts. The research methods explained in this course covers the qualitative, quantitative, and mixed methods.
Language and Education Research
Description
Matakuliah ini mempunyai bobot 4 SKS dan ditawarkan kepada mahasiswa PBI semester 6. Matakuliah ini membahas tentang bagaimana menyusun proposal penelitian dalam konteks penelitian pendidikan dan kebahasaan. Hasil luaran dari matakuliah ini adalah mahasiswa dapat membuat proposal penelitian skripsi mulai dari bab 1 (introduction), bab 2 (literature review), dan bab 3 (methodology).
This 4-credit course is offered the ELED students in their sixth semester. This course explains the methods to create a research proposal in educational and linguistic contexts. Students who finish this course are expected to be able to create a complete research proposal that consists of the first chapter (introduction), second chapter (literature review), and third chapter (research methodology).
Basic Reading and Writing
Description
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah berbasis skill yang membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Mata kuliah ini mempunyai beban 4 SKS dan ditawarkan untuk mahasiswa semester pertama. Tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami dan mengidentifikasi informasi umum serta terinci yang terdapat dalam bacaan fiksi maupun non-fiksi, sehingga mereka mampu memberikan respon terhadap bacaan yang mereka baca dalam bentuk tulisan.
The Basic Reading and Writing course is a skill-based course that aims to help students increase their English reading and writing skills. This course is worth 4 credits and are offered to students in their first semester. The purpose of this course is to help students understand and identify the general and specific information in fictional and non-fiction literature, as well as be able to respond to said literature in the form of writing.
Teaching English as a Foreign Language
Description
Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah berbasis teori yang diambil oleh mahasiswa semester empat dengan beban 4 SKS. Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen bahasa, karakteristik siswa dan kompetensi pengajar bahasa. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu memberikan contoh berbagai macam pendekatan, metode dan teknik pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
The Teaching English as a Foreign Language course is a 4-credit, theory-based course taken by students in their fourth semester. The end-goal of this course is for the students to be able to identify linguistic components, student characteristics, and a language learner’s competence. In addition, students are expected to be able to give examples of various approach methods and teaching techniques of English as a foreign language.
Listening and Speaking for Formal Setting
Description
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah berbasis skill dengan beban 4 SKS yang ditawarkan untuk mahasiswa semester pertama. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifiakasi informasi umum dan terinci yang diutarakan secara lisan dalam konteks formal. Selain itu, mata kuliah ini juga melatih mahasiswa mengungkapkan gagasan secara lisan menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan berterima untuk percakapan berupa dialog maupun monolog dalam konteks formal.
The Teaching and Speaking for Formal Setting course is a skill-based course worth 4 credits that is offered to first-semester students. Through this course, students are expected to be able to identify general and specific informations given in an oral form, in formal contexts. In addition, this course also trains students to give their ideas in spoken form with proper English, and to develop a conversation in monologue and dialogue forms within formal context.
School Observation
Description
School Observation adalah mata kuliah wajib lulus yang ditawarkan bagi mahasiswa semester tiga. Mata kuliah ini merupakan program magang yang dilakukan di tingkat sekolah dasar. Untuk menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa wajib melakukan kegiatan pengamatan di sekolah selama 25 jam. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membentuk kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru profesional.
School Observation is a mandatory course offered to third semester students. This course is an internship that is done in elementary schools. To pass this course, students are required to perform an observation in schools for a total of 25 hours. Through this course, students are expected to form a necessary competence to become a professional educator.
Teaching and Learning Observation
Description
Teaching and Learning Observation adalah mata kuliah wajib lulus yang ditawarkan bagi mahasiswa semester empat. Mata kuliah ini merupakan kegiatan magang yang dilakukan di tingkat sekolah menengah pertama. Untuk menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa wajib melakukan kegiatan pengamatan di sekolah selama 25 jam. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memberi pengetahuan dan pengalaman kepada praktikan mengenai bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran yang baik dan benar.
Teaching and Learning Observation is a mandatory course offered to fourth semester students. This course is an internship done in junior high schools. To pass this course, students are required to perform an observation in said schools for 25 hours. Through this course, students are expected to be able to receive information regarding how to develop an effective teaching tool and methods.
Developing Teaching Instruments
Description
Developing Teaching Instruments merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa PBI UMY untuk mencapai gelar sarjana pendidikan. Mata kuliah ini merupakan program magang bagi mahasiswa semester lima dan dilaksanakann di sekolah tingkat menengah atas. Dalam program ini, mahasiswa akan mendapatkan pembimbingan selama 8 (delapan) pertemuan dari guru pamong dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Mata kuliah ini diharapkan mampu membentuk kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru profesional, terutama dalam hal pengembangan perangkat pembelajaran.
Developing Teaching Instruments is a mandatory curricular activity for ELED UMY students to receive their bachelor’s degree in education. This course is an internship program for fifth semester students and is performed in high schools. In this program, students will receive guidance for eight meetings from the guide teachers to develop a teaching method. This course is hoped to form the necessary competence to become a professional educator, especially in the development of teaching methods.
Applying Teaching Instruments
Description
Applying Teaching Instruments merupakan mata kuliah wajib lulus yang ditawarkan bagi mahasiswa semester enam. Mata kuliah ini merupakan program magang yang dilakukan di sekolah mitra di tingkat menengah atas. Untuk menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan melakukan pengajaran terbimbing sebanyak 3 – 6 kali dengan arahan dari guru pamong. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa merasakan langsung proses pembelajaran dan memantapkan jati diri pendidik, dengan menjadi asisten guru dan melakukan pengajaran terbimbing.
Applying Teaching Instruments is a mandatory course offered to sixth semester students. This course is an internship program done in high schools partnered with the university. To pass this course, students are required to perform guided teaching from 3 to 6 meetings with instructions from guide teachers. This course aims for the students to experience the teaching process and the essentials of being an educator by being a teacher’s assistant and performing guided teaching.
Academic Reading and Writing
Description
Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib berbasis keterampilan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca dan menulis teks akademis. Matakuliah ini mempunyai bobot 4 SKS dan ditawarkan kepada mahasiswa PBI semester 1. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami teks akademis berbahasa Inggris, dan dapat menulis paragraf serta essay berbahasa Inggris dengan baik.
This course is a skill-based mandatory course that aims to increase the students’ ability to read and write academic text. This course is worth 4 credits and is offered to ELED students in their first semester. After passing this course, students are expected to be able to understand English academic texts, as well as write paragraphs and essays in proper English.
Computer Literacy Online
Description
Matakuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang mempunyai bobot 2 SKS, dan ditawarkan kepada mahasiswa PBI semester 3. Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk menggunakan teknologi daring untuk menunjang proses pembelajaran mereka selama kuliah di PBI. Dengan mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat blog, dan memanfaatkan blog dan juga alat daring (online tools) lainnya untuk menunjang proses belajar mereka dan juga karir mereka di masa depan seperti Google slides, Google forms, Prezi, Padlet, Kahoot, dan EDpuzzle.
Online Computer Literacy is a mandatory 2-credit course offered to third semester EED students. This course aims to prepare students with skills to utilize the internet to support their learning process during their time in ELED. By taking this course, the students are expected to create, maintain, and utilize personal blogs and online tools to help their learning process and future careers. The various tools taught in this class are Google Form, Google Slides, Prezi, Padlet, Kahoot, and EDPuzzle.
Digital Technology in Education
Description
Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib berbobot 2 SKS, dan ditawarkan di semester 5. Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam membuat materi pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif dengan memanfaatkan aplikasi daring dan luring. Selain itu, matakuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam mendesain dan mengembangkan aktifitas e-learning menggunakan platform pembelajaran daring (Edmodo). Luaran dari mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat mendesain kelas daring di Edmodo.
This course is a mandatory course with 2 credits and offered in the fifth semester. This course aims to develop the students’ ability in creating effective English language teaching materials by utilizing both online and offline applications. In addition, this course also aims to develop the students’ creativity in designing and developing various e-learing activities using the Edmodo online learning platform. The output of this course is or the students to be able to effectively design and run an online class in Edmodo.
Capita Selecta on Grammar
Description
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar tentang aturan tata bahasa dan susunan bahasa dalam Bahasa Inggris. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi identifikasi dan penggunaan jenis-jenis kata, frasa dan klausa dalam Bahasa Inggris. Dalam tataran clausa, mahasiswa mempelajari pola dasar kalimat simple, compound dan complex, pola dasar kalimat aktif dan pasif, serta tenses dasar.
This course aims to prepare the students with basic knowledge regarding the English language’s grammatical rules and syntax. The main topic of this course is the identification and usage of words, clauses, and phrases of the English language. In the clausal topic, students will learn the patterns of simple, compound, and complex sentences, as well as patterns to basic passive and active sentences and basic tenses.
Capita Selecta on Grammar 2
Description
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang analysis of speech sounds as acoustic or articulatory events vs. mental representations, analysis of the internal structure of words, and syntax. Dalam tataran phonetics and phonology, mahasiswa belajar menanskrip kata, frasa dan kalimat berdasarkan IPA, menjelaskan proses produksi sebuah bunyi, melafalkan kata dan kalimat dengan menggunakan strss dan intonasi yang benar. Dalam tataran morphology, mahasiswa belajar mengenali akar kata, morphem derivational dan inflectional, morphem bebas dan morphem terikat dalam pembentukan kata. Dalam tataran syntax, mahasiswa belajar menganalisa syntactic structure dalam kalimat.
This course aims to prepare the students with knowledge regarding the analysis of speech sounds as acoustic or articulatory events vs mental representations, analysis of the internal structure of words, and advanced syntax. In the phonetics and phonology subject, students learn to transcribe words, phrases, and sentences in the IPA method, explaining the production of a sound, and pronounce words and sentences with the correct stress and intonation. In the morphology subject, students learn about the roots of words, derivational and inflectional morphemes, as well as free and bound morphemes in the creation of words. In the subject of advanced syntax, students learn to analyse the syntactic structure of a sentence.
Literary Appreciation
Description
Mata kuliah ini bertujuan meingkatkan pemahaman mahasiswa terhadap karya sastra yang berbentuk teks cerita pendek, novel, puisi dan drama melalui analisa unsur-unsur karya sastra.  Mahasiswa belajar menganalisa plot, setting, theme, characters, dan literary devices dalam sebuah karya sastra. Dalam kelas ini mahasiswa diwajibkan melihat sekurang-kurangnya satu pertunjukan sastra dalam bentuk drama, drama musikal, ketoprak, pembacaan puisi atau cerpen secara live dalam bahasa Inggris atau dalam Bahasa Indonesia dan menuliskannya dalam sebuah laporan.
This course aims to increase students’ comprehension of literature in the form of short stories, novels, poetry, and drama through the analysis of the main essences of literature. Students will learn to analyze the plot, setting, theme, characters, and literary devices in literature. In this class, students are required to experience at least one live performance of drama, musical, poetry reading, or short story reading in English or Indonesian and write a report of it.
English for Tourism
Description
Mata kuliah ini adalah mata kuliah pilihan yang ditawarkan di setiap semester berbobot 2 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melatih keterampilan Bahasa Inggris dalam bidang Pariwisata. Topik-topik yang dibahas meliputi pengenalan kosakata dan penggunaanya untuk transportasi, agen wisata, akomodasi, serta memahami profesi pemandu wisata. Di akhir semester mahasiswa diajak untuk berinteraksi langsung di obyek wisata dengan menggunakan bahasa Inggris yang dikemas dalam kegiatan Cultural Amazing Race.
This course is an optional course worth 2 credits that is offered in every semester. This course provides students with the experience to teach English language skills in tourism contexts. The topics explained in this course covers English words used in transportation, travel agents, and accommodation contexts, as well as understanding the profession of tour guide. At the end of the semester, the students are invited to join a live interaction in a tour spot wrapped in a Cultural Amazing Race event.
Journalism
Description
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang ditawarkan di setiap semester dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini adalah pengenalan tentang dunia pewartaan yang meliputi beberapa pokok bahasan yaitu: menulis artikel berita dalam bahasa Inggris, membuat video tentang siaran Televisi, serta merancang digital storytelling. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan dengan pekerjaan seorang jurnalis dengan mengadakan kunjungan ke media cetak dan elektronik.
This course is an optional course offered in each semester that is worth 2 credits. This course is an introduction to the world of journalism which covers several topics including: writing a news article in English, making a video of a Television broadcast, and designing digital storytelling. In addition, students are introduced to the intricacies of journalism by the way of a field tour to electronic and printed media.
Entrepreneurship
Description
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang dunia kewirausahaan dan memberi inspirasi untuk menjadi seorang pengusaha yang meliputi topic tentang prinsip dasar wirausaha, ciri-ciri pengusaha, dan analisis diri. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan dengan model kewirausahaan dan bagaimana memulai sebuah ide bisnis hingga terwujud rencana bisnis. Mahasiswa juga akan diajak untuk melakukan company visit selama tiga kali dan membuat laporan refleksi di akhir kunjungan tersebut. Di akhir semester, mahasiswa mewujudkan rencana bisnis mereka dalam program Festival of Entrepreneurship dimana mereka memamerkan produk atau jasa mereka secara kelompok.
This course prepares the students with knowledge regarding the world of entrepreneurship and inspires the students to become an entrepreneur. Topics covered in this course include the basic principles of entrepreneurship, the characteristics of an entrepreneur, and self analysis. In addition, students are also introduced to the models of entrepreneurship from the creation of a business idea and how it can become a business. Students are also invited to three company visits, and are required to create a reflection report at the end of each visit. At the end of the semester, students will make their business plans come to life in an Enterpreneur Festival, where they will show their products or service in groups.
Interpreting
Description
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang ditawarkan di setiap semester dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dunia alih bahasa terutama dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Topik-topik yang dibahas meliputi jenis-jenis alih bahasa yaitu: simultenous interpreting, consecutive interpreting, dan community interpreting. Selain itu, mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung untuk mengalihbahasakan pidato dari video yang tersedia serta bermain peran untuk mengalihbahasakan.
This course is a 2-credit optional course offered in every semester. This course prepares the students for the world of language interpretation, specifically from English to Indonesian and vice versa. Topics covered in this course involves the techniques of interpretation, which include simultaneous interpreting, consecutive interpreting, and community interpreting. In addition, students are given live experience of interpreting a recorded speech and role-playing an interpreter.
Listening and Speaking for Career Development
Description
Mendengar dan Berbicara untuk Pengembangan Karir adalah matakuliah berbobot 4 sks yang bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa ketrampilan mendengarkan dan berbicara tingkat dasar yang berhubungan dengan pengembangan karir. Di akhir matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan (perform) keahlian mendengar dan berbicara dengan baik dan benar. Materi matakuliah ini meliputi pendengarkan dan berbicara dasar, mengidentifikasi jenjang karir, menelepon, dan wawancara pekerjaan.
Listening and Speaking for Career Development is a 4-credit course which aims to teach students basic speaking and listening skills for their future career. At the end of this course, students are expected to be able to perform said skills properly. The materials of this course covers basic listening and speaking, identifying various career options, how to conduct a formal conversation over the phone, and how to act in job interviews.
Instructional Design
Description
Rancangan Pengajaran adalah matakuliah berbobot 4 sks yang bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa ilmu rancangan pengajaran. Di akhir matakuliah mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang didapat yang digunaka untuk merancang sebuah kursus pengajaran bahasa Inggris yang baik dan benar. Materi dalam matakuliah ini meliputi pendekatan dalam desain pengajaran, model-model desain pengajaran, komponen rancangan pengajaran, dan metode pengajaran. 
Instructional Design is a 4-credit course which aims to teach students the art of designing a teaching process. At the end of the course, students are expected to be able to apply what they have learned to design a proper English language course. The topics in the course covers the various approaches in instructional design, models of instructional design, components of instructional design, and teaching methods.
Indonesian Language
Description
Bahasa Indonesia adalah matakuliah berbobot 2 sks yang bertujuan untuk mengajarkan Bahasa Indonesia baik lisan ataupun tulisan dengan baik dan benar meliputi tingkat pemula, madya, dan unggul. Materi matakuliah Bahasa Indonesia meliputi ragam bahasa, ejaan, imbuhan, kalimat efektif, paragraf dan Karya Tulis Ilmiah (KTI).
Indonesian is a 2-credit course which aims to teach the basic, intermediate, and expert level Indonesian language in both oral and written form. The topics in this course involve linguistic variety, spelling, prefixes and suffixes, effective sentences, paragraphs, and scientific papers.
Community Service (KKN)
Description
KKN adalah matakuliah berbobot 6 sks yang bertujuan untuk pengembangan kepribadian, masyarakat, dan kelembagaan yang berguna untuk menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat dengan menyebarluaskan dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat. KKN merupakan matakuliah lapangan dimana mahasiswa berada di tengah masyarakat selama 30hari atau 240 jam kerja efektif untuk mengamalkan ilmu yang didapat yang berguna untuk mengatasi masalah-masalah nyata yang muncul di masyarakat.
Community Service is a mandatory 6-credit course which aims to promote the development of personality, society, and institutions. This course prepares the students to be a good member of society by spreading and making use of their knowledge for the good of the society. Community Service is a field course where the students are required to live among a designated community for roughly 30 days or 240 effective work hours to apply their knowledge to handle the problems in said community.
Al-Islam 1: Aqidah Akhlak
Description
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa memiliki kompetensi dalam pemahaman dan sikap yang terbangun oleh nalar dan prinsip hidup tauhid yang murni dan akhlakul karimah.
This course aims to prepare the students with enough competence in the understanding and demeanor build by logic, as well as the life principles of tauhid (unity of god) and akhlakul karimah (blessed deeds).
Al-Islam 2: Fiqh/Hukum Islam
Description
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa memiliki kompetensi dalam memahami nalar dan prinsip hukum Islam yang berorientasi pada kemaslahatan kehidupan masyarakat.
This course aims to prepare the students with competence in understanding the logic and principle rules of Islam which centers in the common good of the society.
Al-Islam 3: Al-Qur'an dan Hadits
Description
Memahami sumber ajaran Islam dan sebagai sumber pengembangan ilmu pengetahuan.
This course aims to teach the students to understand the Holy Qur’an, very source of Islam’s teachings and to develop the knowledge related to the Qur’an.
Al-Islam 4: Kemuhammadiyahan
Description
Memahami nilai dan nalar perjuangan dan gerak organisasi Muhammadiyah.
This course aims to teach the students to understand the values and history of the Muhammadiyah organization, the namesake of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta and the most prominent education-oriented Islamic organization in Indonesia.
Business Management
Description
Mata kuliah ini menuntun mahasiswa untuk dapat memperoleh pemahaman yang diperlukan mengenai manajemen dan organisasi bisnis, budaya dan lingkungan bisnis global, tanggung jawab sosial organisasi, peran manajer dalam pengambilan keputusan, manajemen strategis, desain dan struktur organisasi, mengelola SDM dan Tim, mengelola inovasi, motivasi dan kepemimpinan, mengelola operasional bisnis. Mata kuliah ini juga memberikan dasar pengenalan secara teknis tentang manajemen bisnis.
This course guides the students to gain a required understanding of business management and organization, global culture and environment, organizational responsibilities, the role of manager in decision making, strategic management, organizational design and structure, how to manage human resources and teams, manage innovation, motivation, leadership, and business operations. In addition, this course also covers the bases of technical introduction to business management.
Curriculum Design
Description
Mata Kuliah Curriculum Design bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang teori dan strategi dalam mendesain kurikulum. Elemen-elemen dalam mendesain sebuah kurikulum yang difokuskan dalam mata kuliah ini antara lain: menganalisas kebutuhan dan lingkungan, prinsip-prinsip dalam desain kurikulum, menyusun isi dan urutannya, menentuan format kurikulum dan strategi penyajian, melakukan penilaian dan evaluasi. Selain itu, aspek-aspek lain yang berkaitan dengan desain kurikulum termasuk diskursus dalam pendekatan desain kurikulum, perubahan kurikulum, pengembangan silabus, menggunakan dan mengevaluasi buku teks serta proses belajar mengajar dalam kurikulum juga dibahas. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memiliki kompetensi professional dan pedagogi sebagai seorang pendidik sekaligus ‘curriculum designer’ yang menyadari pentingya penyiapan konten pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dalam sebagai bagian integral dalam mendesain kurikulum.
The Curriculum Design course aims to give the students further understanding towards the skills of designing a curriculum. Elements of curriculum design covered in this course include: Needs and environmental analysis, principles in designing a curriculum, organizations of a curriculum’s content, determining the format and application of a curriculum, and performing a grading and evaluation process. In addition, the course also covers other aspects related to curriculum design such as the discourse in curriculum design approach, curriculum changes, development of a syllabus, using and evaluating a textbook, as well as the teaching and learning process in a curriculum. In this course, students are expected to have a certain level of pedagogical and professional competence as an educator and a curriculum designer who understands the importance of contents in a study, the evaluation of the teaching process, and evaluating teaching as an important part in designing a curriculum.
Material Design
Description
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali para calon guru kemampuan untuk mengembangkan materi dan media pembelajaran Bahasa Inggris untuk penutur asing (ESL/EFL). Dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan aktivitas-aktivitas seperti memahami konsep perancangan materi dan media pembelajaran, menganalisa materi/media pembelajaran Bahasa, dan mengembangkan materi/media pembelajaran Bahasa Inggris dalam bentuk buku teks (text book). Mata kuliah ini diselenggarakan menggunakan project-based learning, dan mahasiswa akan terlibat aktif dalam pembuatan buku teks sebagai tugas akhir.
This course aims to prepare future teachers with the ability to develop English as a Foreign Language (EFL) and second language (ESL) teaching materials and media. In this course, students will perform activities such as understanding the concepts of designing teaching materials and media, analyzing the materials/media of language teaching, and developing their own material/media in the form of a text book. This course is done using project-based learning, and will require the students to develop a text bok as a final task.
Issues in Language Teaching and Learning
Description
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa sebagai calon guru untuk berfikir kritis tentang permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul didalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing (EFL), meliputi masalah yang berkatian dengan pembelajar (learners) dan pembelajaran (Learning) bahasa, pengajar (Teachers) dan pengajaran (Teaching) bahasa, dan penilaian (Assessment) pembelajaran. Selain itu, mahasiswa juga akan mendiskusikan solusi-solusi yang bisa ditawarkan untuk menyelesaikan masalah tersebut melalui kajian pustaka.
This course aims to encourage critical thinking in students as student teachers regarding the problems and issues they may have in EFL. This would include problems related to the learners, learning, teachers, teaching, and assessment in a teaching process. In addition, students will also discuss the offered solutions to said issues through literature review.
Pancasila
Description
Mata Kuliah Pancasila merupakan MK wajib dengan bobot 2 sks. MK ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI, dan Pancasila sbg paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mahasiswa setelah mengikuti MK ini diharapkan memiliki kemampuan berpikir secara komprehensif ttg persoalan2 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mampu memecahkan persoalan sosial-politik.
The Pancasila course is a mandatory course worth 2 credits. This course covers the bases and aims of Pancasila-based education, Pancasila as a philosophy, political etiquette, and national ideology, Pancasila in Indonesia’s government, and Pancasila as a paradigm in society and the nation. After passing this course, students are expcted to be able think comprehensively regarding the problems of living as a society and nation, as well as solve socio-political issues.
Kewarganegaraan
Description
Mata Kuliah Kewarganegaraan merupakan MK wajib bagi mahasiswa dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara dan peran serta warga negara dalam mewujudkan cita2 bangsa. MK ini mengkaji tentang: (1) Demokrasi Indonesia, (2) Hak dan Kewajiban warga negara dan negara, (3) Hak Asai Manusia, (4) Identitas Nasional dan Ketahanan Nasional, (5) Geostrategi dan Geopolitik Indonesia.
The Civic Studies course is a mandatory course worth 2 credits. This course prepares the students with basic abilities and knowledge regarding the connection between citizens of Indonesia to the country and the roles of the citizens in the aspirations of the country. This course covers: Democracy in Indonesia, responsibilities and rights of the country and its citizens, human rights, national identity, as well as Indonesian geostrategies and geopolitics.
Listening and Speaking for Daily Conversation
Description
Mata kuliah wajib ini berbobot 4 sks dan diperuntukkan mahasiswa semester pertama. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari dasar-dasar kecakapan menyimak dan berbicara dalam percakapan sehari-hari. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat terlibat aktif dalam percakapan yang berisi perkenalan, mendeskripsikan benda, orang, dan tempat; membicarakan mengenai kegiatan sehari-hari, menjelaskan cara melakukan sesuatu; serta berpendapat.  
This mandatory course is worth 4 credits and is aimed for students in their first semester. In this course, students will learn the basics of the reading and speaking skills in daily conversational contexts. After passing this course, students are expected to be able to involve themselves in basic conversations such as introduction, describing items, people, and places, talking about daily activities, explaining an instruction, and saying their opinion.
Listening and Speaking for Academic Purposes
Description
Mata kuliah wajib ini berbobot 4 sks dan diperuntukkan mahasiswa semester dua. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan akademik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempejari teknik note-taking, public speaking serta pembuatan visual aid untuk oral presentation. 
This mandatory course is worth 4 credits and is offered to second semester students. Through this course, students are expected to master the theoretical concepts of linguistics and written and spoken communicational techniques of English for academic purposes. In this course, students will learn the techniques for note-taking, public speaking, and developing visual aids for an oral presentation.
Language Assessment and Evaluation
Description
Mata kuliah wajib ini berbobot 4 sks dan diperuntukkan mahasiswa semester lima. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar penyusunan penilaian dan evaluasi dalam kelas Bahasa Inggris, serta merancang tes untuk kecakapan reading, listening, writing dan speaking. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari mengenai berbagai jenis alternatif penilaian selain tes. 
This mandatory course is worth 4 credits and is meant for students in their fifth semester. In this course, students will learn the basic principles of assessment and evaluation in an English language class, as well as designing a test for reading, listening, writing, and speaking skills. In addition, students will also learn the various alternatives to tests.
Innovative Technology
Description
Innovative Technology merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan ditawarkan pada semester gasal. Mahasiswa direkomendasikan untuk mengambil mata kuliah ini pada semester 3. Topik yang dipelajari mencakup pembahasan mengenai perkembangan dan pengaruh teknologi pada bidang pendidikan, sosial dan budaya. Mata kuliah ini juga membahas tentang jenis teknologi yang digunakan pada pembelajaran bahasa, etika penggunaannya, serta praktek penggunaan beberapa aplikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Innovative Technology is a mandatory course worth 2 credits offered in odd-numbered semesters. Students are recommended to take this course in their third semester. Topics covered in this course include the development and influence of technology in educational, social, and cultural contexts. In adition, this course also explains the types of technology used in language teaching, etiquette in technological usage, as well as practicing the usage of several applications in English language teaching.
ICT in Language Learning
Description
ICT in Language Learning merupakan mata kuliah wajib berbobot 4 sks, dan ditawarkan pada semester genap. Mahasiswa direkomendasikan untuk mengambil mata kuliah ini pada semester 4. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mendapatkan input yang bersifat teoritis melalui diskusi, ceramah serta praktek desain media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi populer. Topik yang dipelajari meliputi pengenalan TPAC Framework, pembuatan animasi sebagai media pembelajaran bahasa, teori dan praktek pembuatan media belajar dengan movie serta teori dan praktek pengaplikasian metode teleconferencing dalam pembelajaran.
ICT in Language Learning is a mandatory course worth 4 credits offered in even-numbered semesters. Students are recommended to take this course on their fourth semesters. In this course, students will receive theoretical input through discussion, speeches, as well as practice designing teaching media using mainstream technology. Topics studied in this course include introduction to TPAC framework, creating animation as a language teaching media, theories and practical knowledge in creating a learning media with movies, as well as the application of teleconference technology in teaching and learning.
Computer Literacy (Offline)
Description
Computer Literacy (Offline) merupakan mata kuliah wajib berbobot 2 sks, dan ditawarkan pada semester genap. MK ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan dasar komputer yang dapat menunjang penyelesaian tugas-tugas kuliah mereka. Mahasiswa disarankan untuk mengambil mata kuliah ini pada semester 2. Topik yang dibahas meliputi pemanfaatan fitur-fitur pada Microsoft Word, Microsoft Excel serta pembuatan slides dengan Power Point. Disamping itu, mahasiswa juga belajar dasar-dasar desain grafis dengan menggunakan aplikasi Corel Draw.
Offline Computer Literacy is a 2-credit worth mandatory course offered in even-numbered semesters. This course aims to prepare the students with basic computer knowledge which could support their other course activities. Students are recommended to take this course in their second semester. Topics explained in this course include the usage of the features in Microsoft Word, Excel, and slide-making in Powerpoint. In addition, students also learn the basics of graphic design using Corel Draw.
Translating
Description
Dalam mata kuliah translating, cakupan pembahasan meliputi teori-teori tentang penerjemahan mulai dari jenis terjemahan, metode menterjemahkan, sampai kepada kode etik menterjemahkan, dan termasuk isu-isu terkini yang berkaitan dengan terjemahan. Selanjutnya, mahasiswa akan dibimbing untuk mempraktekkan penerjemahan yang dititik beratkan pada kesulitan-kesulitan yang umum ditemui oleh penerjemah ketika menterjemahkan teks diantaranya adalah penerjemahan teks yang berisi idiom serta untrue conditionals.
The Translating course explains the theories of translating including the types of translation, methods of translation, to its code of ethics and recent issues. Then, students will be guided to practice translationg focused on common issues suffered by translators when translating a text such as idioms and untrue conditionals.
Education in Quran
Description
Mata kuliah ini membahas kaitan antara Alquran dan dunia pendidikan. Ayat-ayat Alquran dan hadits yang berkaitan dengan pendidikan akan dibahas dan ditafsirkan secara kontemporer sehingga mahasiswa akan mampu untuk mengemplementasikan ayat-ayat dan hadits tersebut dalam dunia pendidikan sebagai landasan baik dalam berfikir maupun bertindak baik ketika masih menjadi mahasiswa maupun ketika sudah bekerja sebagai pendidik.
This course explains the relationship between the Holy Qur’an and the world of education. The verses of the Holy Qur’an and Hadits related to education will be explained and contemporarily translated so the students will be able to implement those verses in the educational world as a foundation of thinking and acting in their future career as a student as well as an educator.
Undergraduate Thesis
Description
Mata kuliah ini merupakan aplikasi dari teori-teori bahasa, pedagogi, dan riset yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Mahasiswa akan dibimbing agar mampu melakukan penelitan serta menulis laporan penelitian dalam bentuk karya ilmiah untuk dipublikasikan dengan memperhatikan prinsip-prinsip anti plagiarisme.
This course is the application of linguistic, pedagogical, and research theories learned in previous semesters. Students will be guided to perform their own research and write a research report in the form of a scientific paper to be published. In addition, students will also learn the basic principles of anti-plagiarism principles.