Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FPB UMY yang ditetapkan mengacu pada capaian pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan oleh DIKTI dan pencirian (keunggulan) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan pada 4 unsur pokok dari KKNI dan SNPT 2014 yaitu Sikap, Penguasaan Pengetahuan, Ketrampilan Umum Dan Ketrampilan Khusus

NO UNSUR SN PT & KKNI   CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
1 Sikap S 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S 2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S 3 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S 4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S 5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S 6 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
S 7 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S 8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S 9 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
S 10 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    S 11 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
2 Penguasaan Pengetahuan PP 1 Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan
teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum
(general English) dalam konteks
keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
setara tingkat post-intermediate.
PP 2 menguasai konsep teoritis kebahasaan dan
teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); dalam konteks
keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
setara tingkat intermediate.
PP 3 Menguasai konsep teoretis tentang kesastraan, literasi, serta pembelajaran bahasa.
PP 4 Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi.
PP 5 Menguasai prinsip psikologi perkembangan
dan psikologi pendidikan.
PP 6 Menguasai konsep dan teknik pengembangan
program pembelajaran, penyajian (metode
dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik.

 

NO UNSUR SN PT & KKNI   CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
3 Keterampilan Umum KU 1 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atauteknologi sesuai dengan bidang keahliannya.
KU 2 Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
KU 3 Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
KU 4 Mengelola pembelajaran secara mandiri
KU 5 Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
4 Ketrampilan Khusus KK 1 Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisandalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate.
KK 2 Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate.
KK 3 Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif ke dalam budaya bahasa ibu.
KK 4 Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar BahasaInggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu.
KK 5 Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes)
KK 6 Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;

 

NO UNSUR SN PT & KKNI   CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
    KK 7 Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran Bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan
KK 8 mampu melakukan pendampingan terhadap

siswa dalam lingkup pembelajaran;

KK 9 mampu menggunakan teknologi informasi dan

komunikasi yang relevan untuk pengembangan

mutu pendidikan