Abdul Rasyid Ghazali Penerima Beasiswa Erasmus

Oktober 15, 2017 oleh : admin

(foto: dok. pribadi)

Abdul Rasyid Ghazali atau yang akrab dipanggil Zali ini merupakan alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhmmadiyah Yogyakarta angkatan 2011. Beliau mempunyai cita-cita ingin menjadi Policy Analist. Sewaktu menjadi mahasiswa PBI UMY, ia terkenal dengan keaktifannya dalam mengikuti kegiatan keorganisasian yang ada di PBI, yaitu English Department Student Association (EDSA) dengan menjabat sebagai Ketua 2 Mass Media Sector di EDSA. Selain karena menyukai Bahasa Inggris, ia mengaku memilih kuliah di PBI UMY karena berbagai pilihan karir yang tersedia setelah lulus. Selain menjadi guru, ujarnya, alumni PBI juga bisa menjadi dosen maupun pengusaha. Saat ditanya mengenai pesan dan kesan kuliah di PBI UMY Zali menjawab, “Kuliah di PBI UMY itu asik dan seru, orangnya majemuk. Meskipun tidak semua tertarik pada mengajar Bahasa Inggris, tetapi mereka bertanggung jawab”. Yang paling berkesan tentang kuliah di PBI menurutnya adalah lingkungannya. “PBI itu kekeluargaannya tinggi, mungkin di dalam diri saya dan beberapa teman banyak yang berpikiran: You love PBI as much as you love your country, your home,” lanjutnya.

Setelah lulus dari PBI UMY, ia mengajar di MTs Muhammadiyah, Kasihan, Bantul Yogyakarta, sebelum akhirnya lolos seleksi beasiswa S2 Erasmus untuk mengambil jurusan Higher Education Management. Dalam program beasiswa ini, ia akan menempuh S2 di empat negara, negara yaitu Austria (Donau Universitat Krems), Finlandia (Tampereen Yliopisto University), China (Beijing Normal University) dan Jerman (Hochschule Osnabruck). Semester pertama telah ia tempuh di Austria, kemudian semester kedua di Finlandia dan sekarang ia sedang melanjutkan semesternya di China.

Untuk adik-adiknya yang masih kuliah di PBI UMY, ia berpesan bahwa mahasiswa harus ikut berperan aktif untuk meningkatkan mutu Prodi dengan cara belajar yang rajin dengan harapan kuliah selesai tepat waktu. Ia juga menambahkan bahwa ikut aktif berorganisasi akan dapat mengasah softskill dan mendorong diri kita ke arah yang lebih positif.

(heri/puput)